RPP Pendidikan Lingkungan Hidup kelas 7 SMP
August 25, 2019
Add Comment
Nama Sekolah : ……………………………………
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas/Semester : VII/ Gasal
Standar Kompetensi :
1. Memahami lingkungan hidup,
pendidikan lingkungan hidup, dasar hukum pendidikan lingkungan hidup, 7 sekolah
berwawasan lingkungan.
Kompetensi Dasar :
1.1 Memahami lingkungan hidup.
Indikator : a. Menjelaskan pentingnya lingkungan
b.
Menjelaskan pengertian
biotik dan abiotik.
c.
Mengklasifikasikan
contoh dari lingkungan biotik dan abiotik
d.
Menjelaskan tujuan
pendidikan lingkungan hidup.
Alokasi Waktu : 6 x 40’ (2 x Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran siswa dapat:
a) Menjelaskan pengertian pendidikan lingkungan hidup.
b)
Menjelaskan pengertian
lingkungan.
c)
Mengidentifikasi
beberapa contoh lingkungan biotik.
d)
Menjelaskan pengertian
lingkungan abiotik.
e)
Mengidentifikasikan
pengertian pendidikan lingkungan hidup
f)
Menyebutkan tujuan pendidikan lingkungan hidup.
g)
Mengidentifikasi beberapa contoh unsur lingkungan.
B. Materi
Pembelajaran
a) Lingkungan hidup.
C. Metode
Pembelajaran
Ø Model : cooperative learning.
Ø Metode :
observasi, diskusi, tanya jawab, presentasi.
D. Langkah-langkah
pembelajaran
Pertemuan Ke-1
No
|
Kegitan
Belajar
|
Waktu
|
Ket.
|
1
2
3
|
Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi dan Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam pembelajaran
b.
Motivasi
Ø Penjajakan
kesiapan belajar siswa
Ø Informasi
kompetensi yang akan dicapai tentang lingkungan sekolah.
Kegiatan Inti
a. Guru
membimbing siswa dalam pembentukan kelompok. Siswa dibagi dalam 4 kelompok
b. Tiap
kelompok melakukan observasi
1) Kelompok
I : Lingkungan kelas
2) Kelompok
II :
Lingkungan depan sekolah
3) Kelompok
III : Lingkungan
halaman belakang sekolah
4) Kelompok
IV : Lingkungan
kantor sekolah
c. Secara
kelompok siswa melakukan observasi lingkung
an hidup sesuai dengan lembar kerja.
Kegiatan Penutup
Ø Guru
bersama siswa membahas hasil observasi dan membuat laporan hasil diskusi.
Ø Guru
dan siswa melakukan refleksi pelaksanaan diskusi tentang kebersihan
lingkungan sekolah.
Ø Tindak
lanjut dengan memberikan tugas membersih- kan lingkungan di sekitar sekolah.
|
10’
60’
10’
|
|
Pertemuan Ke-2
No
|
Kegitan
Belajar
|
Waktu
|
Ket.
|
1
2
3
|
Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
dan Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam pembelajaran
b. Motivasi
Ø Penjajakan
kesiapan belajar siswa
Ø Informasi
kompetensi yang akan dicapai
Ø Secara
klasikal guru memberi pertanyaan, apakah
Siswa dapat membedakan mana yang lingkungan
Abiotik dan mana yang lingkungan biotik
Kegiatan
Inti
a. Guru
bersama siswa melakukan observasi ke taman.
b. Siswa
membawa komponen biotik berupa tanaman/
Bunga.
c. Siswa
membawa komponen abiotik berupa tanah dan
Batu
kerikil.
d. Siswa
mempresentasikan hasil observasi dan mendiskusikan dengan seluruh siswa di
depan kelas, per kelompok, sedangkan kelompok lain menanggapi.
e. Guru
memfasilitasi pelaksanaan observasi dan diskusi serta menyempurnakan jawaban dari
siswa.
Penutup
Ø Dengan
bimbingan guru siswa membuat kesimpulan hasil observasi dan hasil diskusi.
Ø Melakukan
refleksi
Ø Tindak
lanjut dengan memberikan tugas mempelajari materi untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10’
60’
10’
|
|
Pertemuan Ke-3
No
|
Kegitan
Belajar
|
Waktu
|
Ket.
|
1
2
3
|
Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
dan Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam pembelajaran
b.
Motivasi
Ø Penjajakan
kesiapan belajar siswa
Ø Informasi
kompetensi yang akan dicapai
Ø Secara
klasikal guru memberi pertanyaan, apakah
Siswa dapat mengetahui tentang tujuan pendidik- an
lingkungan hidup.
Kegiatan
Inti
-Guru bersama siswa melakukan
observasi di lingkungan
Sekolah.
-Guru membimbing siswa
mendiskusikan tujuan pendidik
An lingkungan hidup.
-Siswa mempresentasikan hasil observasi
dan mendiskusi
kan dengan seluruh siswa di depan kelas, perkelompok
sedangkan kelompok lain menanggapi.
-Guru memfasilitasi pelaksanaan
observasi dan diskusi
serta menyempurnakan jawaban dari siswa.
Penutup
Ø Dengan
bimbingan guru siswa membuat kesimpulan hasil observasi dan hasil diskusi.
Ø Melakukan
refleksi
Ø Tindak
lanjut dengan memberikan tugas mempelajari materi untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10’
60’
10’
|
|
E. Sumber
Belajar
Ø Buku Pedoman
PLH Kelas VII
Ø Buku-buku
yang relevan.
F.
Penilaian
Hasil Belajar :
1.Tekhnik
penilaian
a.Tes tulis
b.Observasi, produk/ hasil
c.Tes unjuk kerja
2.Bentuk instrumen
a.Tes lisan
b.Tes identifikasi
c.Tes uji petik kerja
d.penilaian hasil diskusi
3.Contoh
instrumen
a.Tes lisan
Apa yang
diketahui siswa tentang pendidikan lingkungan hidup
Kunci : Upaya untuk membentuk sikap dan
perilaku yang berhubungan dengan
Hubungan timbal balik manusia
dengan lingkungannya.
b.Tes identifikasi
Tentukan mana yang komponen biotik dan
mana yang komponen abiotikdari
bahan-bahan yang tersedia (tanah, batu,
kerikil, pasir, bunga, semut)
Kunci : komponen biotik : bunga dan
semut
Komponen abiotik : tanah,
batu, kerikil dan pasir
c.contoh uji petik kerja
Daur ulang sampah kertas dan kompos
d.contoh Penilaian hasil belajar :
Format Penilaian
Diskusi Kelompok
No
|
Nama
|
Aspek Nilai
|
Total Score
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
|
Kerjasama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 Response to "RPP Pendidikan Lingkungan Hidup kelas 7 SMP"
Post a Comment