Macam-macam penilaian portofolio
October 31, 2018
Add Comment
Secara umum penilaian portofolio,
menurut Fosters and Masters (1998), dapat dibedakan menjadi tiga kelompok,
yaitu portofolio kerja (working portfolio), portofolio dokumentasi (documentary portfolio), dan portofolio penampilan
(show portfolio).
Portofolio Kerja (Working
Portfolio)
Portofolio kerja merupakan
pekerjaan peserta didik yang berupa draft, pekerjaan setengah jadi, dan
pekerjaan yang telah jadi yang digunakan untuk memantau perkembangan dan
menilai cara peserta didik mengatur atau mengelola belajar mereka. Hasil
pekerjaan peserta didik yang paling baik dapat menjadi petunjuk apakah peserta
didik telah memahami materi pembelajaran dan dapat merupakan bahan masukan bagi
pendidik untuk mengetahui pencapaian kurikulum maupun sebagai alat penilaian
formatif
Working Portfolio berfungsi sebagai sumber informasi bagi pendidik
untuk mengetahui kemajuan peserta didik dan memungkinkan pendidik untuk
membantu peserta didik mengidentifikasi kelemahan, kelebihan, serta kelayakan
dalam merancang dan meningkatkan pembelajaran.
Working Portfolio memiliki tujuan untuk menyediakan data tentang
cara peserta didik mengorganisasikan dan mengelola kerja. Dengan demikian,
hal-hal yang dinilai berupa draft, pekerjaan yang belum selesai, atau pekerjaan
terbaik peserta didik. Hasil kerja ini digunakan dalam diskusi antara peserta
didik dan pendidik.
Bagi peserta didik portofolio
kerja memiliki beberapa manfaat, yaitu mengendalikan pekerjaannya, membuat
peserta didik merasa bangga atas pekerjaannya, merefleksikan strategi belajar,
merancang tujuan belajar, dan memantau perkembangan belajar. Bagi pendidik
portofolio kerja memberi kesempatan untuk memikirkan kembali arti suatu hasil
pekerjaan, meningkatkan motivasi mengajar, dan memperbaiki proses pembelajaran.
Portofolio Dokumentasi (Documentary Portfolio)
Portofolio dokumentasi adalah
koleksi hasil kerja peserta didik yang khusus digunakan untuk penilaian.
Berbeda dari portofolio kerja yang pengumpulannya dilakukan dari hari ke hari,
dokumentasi portofolio merupakan seleksi hasilkerja terbaik peserta didik yang
akan diajukan dalam penilaian. Jadi, portofolio jenis ini adalah koleksi
sekumpulan hasil kerja peserta didik selama kurun waktu tertentu.
Tujuan utama dilakukannya
portofolio dokumentasi adalah untuk penilaian sehingga pendidik harus mampu
menentukan hasil kerja peserta didik sebagai salah satu bukti yang dapat
menunjukkan pencapaian belajar peserta didik.
Portofolio Penampilan (Show
portfolio)
Portofolio penampilan (show
portfolio) merupakan kumpulan sampel karya terbaik dari KD – KD pada KI-4.
Portofolio setiap peserta didik disimpan dalam suatu folder (map) dan diberi
tanggal pengumpulan oleh pendidik. Portofolio dapat disimpan dalam bentuk cetak
dan/atau elektronik. Portofolio jenis ini digunakan untuk memilih hal-hal yang
paling baik yang menunjukkan karya terbaik yang dihasilkan peserta didik.
Adapun Portofolio penampilan
(show portfolio) dapat digunakan untuk mencapai beberapa tujuan, diantaranya
yaitu:
1. Mendokumentasikan
hasil karya atau capaian kompetensi peserta didik,
2. Memberi
perhatian pada prestasi kerja peserta didik yang terbaik,
3. Bertukar
informasi dengan orang tua/wali murid pendidik lain,
4. Membina
dan mempercepat pertumbuhan konsep diri positif peserta didik, dan
5. Meningkatkan
kemampuan peserta didik melakukan refleksi diri.
Portofolio penampilan (show
portfolio) sangat berguna bagi peserta didik, pendidik, dan orang tua/wali
peserta didik. Bagi peserta didik penilaian portofolio penampilan (show
portfolio) sangat berguna untuk mengetahui kemajuan dan kemampuan belajarnya,
terutama dalam hal memberikan umpan balik terhadap kemampuan pemahaman dan
penguasaan peserta didik tentang tugas yang diberikan pendidik selama kurun
waktu tertentu, memberikan umpan balik dalam mempertahankan prestasi yang telah
dicapainya, dan memahami keterbatasan kemampuan untuk menguasai materi tertentu
atau bidang kajian tertentu.
Bagi pendidik penilaian
portofolio penampilan (show portfolio) sangat berguna untuk mengetahui kemajuan
dan kemampuan belajarnya, terutama dalam hal memberikan umpan balik terhadap
kemampuan pemahaman dan penguasaan peserta didik tentang tugas yang diberikan
pendidik selama kurun waktu tertentu, mengetahui bagian yang belum diketahui
peserta didik, dan memperoleh gambaran tingkat pencapaian keberhasilan proses
belajar mengajar yang telah dilaksanakan peserta didik.
Bagi orang tua/wali peserta
didik, penilaian portofolio penampilan (show portfolio) sangat berguna bagi
orang tua/wali peserta didik untuk mengetahui kemajuan dan kemampuan belajar
belajar putera-puterinya antara lain dalam hal pemahaman tentang kelebihan dan
kelemahan puteraputerinya dalam belajar, peningkatan bimbingan yang hendak
dilakukan orang tua peserta didik untuk meraih prestasi putera-puterinya, dan peningkatan
komunikasi dengan pihak sekolah dalam mendidik puteriputerinya.
https://pendidikanmasakini.com/
0 Response to "Macam-macam penilaian portofolio"
Post a Comment