Teknik Penilaian Keterampilan
October 26, 2018
Add Comment
Pengertian Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan adalah
penilaian yang dilakukan untuk menilai kemampuan peserta didik menerapkan
pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu di berbagai macam konteks sesuai
dengan indikator pencapaian kompetensi.
Ada berbagai penilaian keterampilan
pendidikan. Untuk lebih jelasnya lihat table dibawah ini:
Penilaian praktik
Penilaian praktik adalah
penilaian yang menuntut respons berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas
sesuai dengan tuntutan kompetensi. Dengan demikian, aspek yang dinilai dalam
penilaian praktik adalah kualitas proses mengerjakan/melakukan suatu tugas.
Penilaian praktik bertujuan untuk menilai kemampuan peserta didik
mendemonstrasikan keterampilannya dalam melakukan suatu kegiatan. Penilaian
praktik lebih otentik daripada penilaian paper and pencil karena bentuk-bentuk
tugasnya lebih mencerminkan kemampuan yang diperlukan dalam praktik kehidupan
sehari-hari.
Penilaian Produk
Penilaian produk adalah penilaian
terhadap keterampilan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuan yang
dimiliki ke dalam wujud produk dalam waktu tertentu sesuai dengan kriteria yang
telah ditetapkan baik dari segi proses maupun hasil akhir. Penilaian produk
dilakukan terhadap kualitas suatu produk yang dihasilkan. Penilaian produk
bertujuan untuk
1. menilai
keterampilan peserta didik dalam membuat produk tertentu sehubungan dengan
pencapaian tujuan pembelajaran di kelas;
2. menilai
penguasaan keterampilan sebagai syarat untuk mempelajari keterampilan
berikutnya;
3. menilai
kemampuan peserta didik dalam bereksplorasi dan mengembangkan gagasan dalam
mendesain dan menunjukkan inovasi dan kreasi.
Baca Juga : Tips Lolos SBMPTN 2019 Bagi Kamu Yang Mau Kuliah
Baca Juga : Tips Lolos SBMPTN 2019 Bagi Kamu Yang Mau Kuliah
Penilaian proyek
Penilaian proyek adalah suatu
kegiatan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan
pengetahuannya melalui penyelesaian suatu proyek dalam periode/waktu tertentu.
Penilaian proyek dapat dilakukan untuk menilai satu atau beberapa KD dalam satu
atau beberapa mata pelajaran. Instrumen tersebut berupa rangkaian kegiatan
mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian data, pengolahan dan
penyajian data, serta pelaporan.
Penilaian proyek bertujuan untuk
mengembangkan dan memonitor keterampilan peserta didik dalam merencanakan,
menyelidiki dan menganalisis proyek. Dalam konteks ini peserta didik dapat
menunjukkan pengalaman dan pengetahuan mereka tentang suatu topik,
memformulasikan pertanyaan dan menyelidiki topik tersebut melalui bacaan,
wisata dan wawancara. Kegiatan mereka kemudian dapat digunakan untuk menilai
kemampuannya dalam bekerja independen atau kelompok
Penilaian portofolio
Penilaian portofolio merupakan
teknik lain untuk melakukan penilaian terhadap aspek keterampilan. Tujuan utama
dilakukannya portofolio adalah untuk menentukan hasil karya dan proses
bagaimana hasil karya tersebut diperoleh sebagai salah satu bukti yang dapat
menunjukkan pencapaian belajar peserta didik, yaitu mencapai kompetensi dasar
dan indikator yang telah ditetapkan. Selain berfungsi sebagai tempat
penyimpanan hasil pekerjaan peserta didik, portofolio juga berfungsi untuk
mengetahui perkembangan kompetensi peserta didik.
https://pendidikanmasakini.com/
https://pendidikanmasakini.com/
0 Response to "Teknik Penilaian Keterampilan"
Post a Comment